Prames123’s Weblog

klik di sini

klik di sini

Memberi Password File Aplikasi dengan Empathy Published Date December 7, 2008 by maseko empathy Empathy merupakan tool yang dapat digunakan untuk memproteksi dari penggunaan file aplikasi berekstensi .exe dari penggunaan yang tidak diinginkan. Proteksi di sini adalah dengan jalan memberi password file aplikasi tersebut, dan password yang diset tersebut akan diminta ketika akan dijalankan. Cara ini dapat dimanfaatkan ketika misalnya ada aplikasi yang pada dasarnya dapat digunakan siapa saja ketika komputer terbuka, namun kemudian kita ingin membatasi aplikasi tersebut. Namun sayangnya, tidak semua file apliaksi akan dapat diberi password dengan Empathy ini. empathy previewUntuk memberi password file aplikasi yang diinginkan, kita jalankan Empathy yang merupakan portable application ini. Pilih file .exe dari aplikasi tersebut, atur password yang akan diberikan dan klik tombol Protect. Selain untuk memproteksi, pada Empathy sendiri juga ada fasilitas Unprotect, yang dapat digunakan untuk menghilangkan permintaan password yang diberikan sebelumnya. Empathy, pada dasarnya dapat digunakan tanpa batasan waktu, namun karena sifatnya postcardware, ada pembatasan jika digunakan tanpa registrasi yaitu password yang dapat diberikan untuk aplikasi hanya 1 karakter. Jika memang ingin menggunakan secara penuh, maka kirimlah sebuah postcard atau kartu pos fisik ke pembuatnya, jangan lupa sertakan pula nama dan alamat email, karena nantinya unlocking code akan dikirimkan melalui alamat email ini. Tidak Semua File Aplikasi dapat Diberi Password Ketika saya mencoba Empathy ini, ada dua kemungkinan bahwa tidak semua file aplikasi dapat diberi password dengan Empathy ini. Kemungkinan pertama, file memang tidak dapat diproses untuk diberi password, dan yang kedua, file dapat diproses untuk diberi password namun kemudian file tidak dapat dijalankan. Beberapa apliaksi memang akan menyertakan proteksi untuk filenya sendiri, misalnya dia akan mengecek besar filenya atau checksum agar dapat dijalankan, sementara cara kerja Empathy ini adalah melakukan perubahan file .exe dari aplikasi yang dituju. Untuk menghindari kemungkinan tidak bekerjanya Empathy ini, pastikan pada saat proses di atas pilih Create a backup before processing, jadi jika nantinya aplikasi yang diberi password tersebut tidak dapat berjalan, kita dapat mengembalikan ke keadaan semula dengan mengganti file .exe.bak yang dibuat ke file .exe semula.

Membuat Aplikasi Database Sederhana dengan Zoho Creator

Published Date January 30, 2008 by maseko

zoho-creator Setelah sekian lama keberadaannya, baru kali ini saya mencoba menggunakan Zoho Creator. Zoho Creator merupakan layanan online untuk membuat aplikasi sederhana dengan dukungan form dan database seperti halnya Microsoft Access. Di sini kita dapat membuat aplikasi online yang memungkinkan pengunjung website memasukkan data dengan form isian yang dapat kita desain sendiri yang memuat apa-apa yang perlu diisikan, misalnya saja aplikasi contact form atau feedback form dalam website. Aplikasi yang kita buat dapat pula kita tujukan secara terbatas misalnya hanya untuk teman atau kerabat kita.

Untuk membuat suatu aplikasi dengan Zoho Creator, kita dapat memulainya dari data-data yang sudah ada misalnya dengan menyalin dari file Excel (.xls) atau file .csv. Zoho Creator menyediakan pula template aplikasi yang dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan kita. Jika menginginkan untuk memulai dari awal, untuk sekedar membuat aplikasi sederhana rasanya tidak terlalu sulit, kita hanya melakukan ‘drag and drop’ jenis field yang diinginkan, kemudian mengedit label dan properties lainnya.

zoho-creator-form

Untuk pengguna tingkat lanjut, dapat pula memanfaatkan fasilitas scripting yang menggunakan Deluge Script. Ini seperti fasilitas VBA untuk program Microsoft Access.

Form aplikasi yang dibuat dapat kita atur lebih lanjut misalnya agar mengirim notifikasi melalui email dan juga hak akses terhadap aplikasi ini. Jika memang aplikasi akan ditampilkan melalui web atau blog maka kita perlu menentukan hak akses kepada public. Berikut ini merupakan contoh form feedback yang saya buat dan seperti inilah ketika ditampilkan dalam halaman web.

Misalnya Anda telah mengisikan data melalui form isian tersebut, maka saya dapat melihat data tersebut melalui berbagai tampilan yang memungkinkan (list, spreadsheet, summary, calendar atau chart).

zoho-creator-view Data-data yang masuk tersebut, kemudian dapat di-export ke berbagai format seperti PDF, HTML, CSV, dan beberapa format lainnya.

Mengatur Posisi Nomor Halaman Yang Berbeda pada OpenOffice.org Writer

Published Date January 16, 2007 by maseko

nomor-halaman

Dalam suatu kesempatan, mungkin kita dituntut mengikuti suatu aturan penulisan, yang diantaranya tentang pengaturan posisi nomor halaman. Misalnya saja, pada halaman yang berisi judul bab, nomor halaman diletakkan pada bagian bawah-tengah , sedangkan pada halaman lain, nomor halaman diletakkan pada bagian atas-kanan. Ini yang akan dijadikan contoh, mungkin yang dihadapi berbeda dan tidak terbatas pada penomoran halaman.

Untuk menyelesaikan masalah pengaturan posisi nomor halaman pada OpenOffice.org Writer tersebut, kita akan menggunakan fasilitas Styles and Formatting yang ada. Langsung saja kita siapkan dokumen sudah ada atau kita buat yang baru.

page-stylesBuka menu FormatStyles and Formatting atau dengan menekan tombol [F11]. Akan terbuka jendela mini seperti pada gambar di samping. Klik pada icon Page Styles, yaitu icon ke-4 dari kiri. Di sini sudah nampak daftar page styles yang sudah ada. Bisa saja kita memanfaatkan page styles yang sudah ada, namun kali ini kita akan membuat page styles baru. Untuk itu klik kanan pada area kosong pada jendela tersebut dan pilih New…

Pada kotak dialog yang muncul inilah kita akan membuat page styles untuk halaman isi terlebih dahulu, yaitu halaman yang bukan berisi judul bab dan halaman ini kita jadikan default karena style yang akan digunakan paling banyak diterapkan pada halaman-halaman dokumen kita. Pada tab Organizer, kita beri nama style kita, misalnya HalamanIsi, dan pada input Next Style kita isi nama yang sama yaitu HalamanIsi. Selanjutnya kita klik tab Header dan beri centang pada Header on. Selanjutnya klik OK.

page-styles-dialog

Pada jendela Styles and Formatting, klik ganda pada style HalamanIsi yang baru saja dibuat. Maka pada dokumen akan muncul bagian header. Tempatkan pada bagian header dengan rata kanan nomor halamannya dengan InsertFieldsPage number.

Kembali ke jendela Styles and Formatting, kita buat lagi style baru dengan cara seperti di atas dan beri nama HalamanJudul, hanya saja pada bagian Next Style isikan dengan HalamanIsi. Pada tab Footer, beri centang pada Footer on. Selanjutnya klik OK.

manual-breakJika kita klik ganda style HalamanJudul, maka pada dokumen hanya berpengaruh pada halaman 1 saja. Masukan page number pada bagian footer dengan rata tengah. Untuk mengaplikasikan pada halaman judul bab selanjutnya, misalnya bab 2, tempatkan kursor pada akhir bab 1 kemudian pilih InsertManual Break… dan pilih Page break. Pada bagian Style pilihlah HalamanJudul. Hasilnya, halaman berikutnya mempunyai style seperti pada halaman 1 dengan nomor halaman pada bagian bawah-tengah. Bisa jadi kita memerlukan penyesuaian untuk menempatkan judul bab 2 berada pada posisi yang sesuai. Lakukan hal yang sama untuk bab-bab selanjutnya.

Membuang Hyperlink pada Microsoft Excel

Published Date December 3, 2005 by maseko

Kadangkala, saya harus menyalin tabel HTML dan menempelkannya di worksheet Microsoft Excel. Banyak data-data yang ada dalam tabel tersebut mengandung hyperlink dimana pada proses selanjutnya di MS Excel, hyperlink-hyperlink tersebut tidak diperlukan lagi. Seringkali malah menambah kerepotan saja. Ketika memilih cell yang mengandung hyperlink tersebut dengan menggunakan mouse, yang terjadi adalah terbukanya browser yang mengakses URL yang terkandung dalam hyperlink tersebut. Yang saya lakukan kemudian adalah membuang hyperlink di setiap cell.

Remove Hyperlink

MS Excel mempunyai fitur untuk membuang hyperlink yang terdapat pada suatu cell. Caranya dengan mengklik kanan cell tersebut dan pilih Remove Hyperlink. Kita harus mengulangi langkah yang sama untuk tiap-tiap cell yang mengandung hyperlink. Cara ini tidak akan merepotkan jika jumlah cell yang mengandung hyperlink tidak banyak. Dan jika yang kita hadapi adalah worksheet dimana banyak cell-cell yang mengandung hyperlink, cara di atas tentu akan merepotkan dan memakan waktu cukup lama. Jadi kita perlu mencari cara alternatif untuk membuang hyperlink-hyperlink tersebut.

Cara alternatif yang dapat kita gunakan adalah dengan menggunakan makro (VBA). Buka Tools > Macro > Visual Basic Editor atau dengan shortcut Alt+F11. Pada Visual Basic Editor, buat module baru dengan cara Insert > Module, kemudian ketikkan kode berikut:

Sub RemoveHyperlinks()
ActiveSheet.Hyperlinks.Delete
End Sub

Kembali lagi ke Microsoft Excel (Alt+Q). Buka Tools > Macro > Macros.. (Alt+F8). Pada dialog box yang muncul pilih nama makro yang tadi kita ketikkan yaitu RemoveHyperlinks, dilanjutkan dengan mengklik tombol Run, maka makro tersebut akan membuang semua hyperlink yang ada pada worksheet yang aktif.

Meletakkan Elemen di Tengah Halaman Web

Published Date February 14, 2007 by maseko

centering

Tugas praktikum web, salah satunya adalah membuat halaman web dengan elemen diletakkan di tengah baik horizontal maupun vertikal, pada resolusi layar berapapun, begitu juga ketika window diresize. Selain itu, pengaturan letak menggunakan style pada file lain serta dapat tampil baik pada semua browser, setidaknya Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Tambahannya, harus dapat diakses cepat.

Berhubung lupa, jadi googling mencari pengaturan CSS untuk masalah ini, akhirnya menemukan tutorial di Alsacreations, langsung dicoba dengan menampilkan blok yang berisi image-image dari Image Chef (setelah melihat di postingan Enda). Pengecekan validator menyatakan valid. Hasilnya dapat dilihat pada halaman ini.

Menjaga Format Data Excel Tetap dalam Operasi Mail Merge Word

Published Date January 15, 2007 by maseko

data

Image di atas adalah contoh data dalam Microsoft Excel yang akan digunakan sebagai sumber data dalam mail merge Microsoft Word. Masing-masing cell sudah diformat sesuai dengan yang ditampilkan. Bagaimana agar format data tersebut juga tetap terjaga ketika diterima oleh dokumen Word?

Sebagian dari kita mungkin pernah mengalami, ketika data tersebut dijadikan sumber data dalam mail merge Word, format data dalam dokumen menjadi tidak seperti yang ditampilkan dalam Excel.

dokumen1

Agar format data Excel tetap terjaga sampai dengan ketika digunakan dalam Word, pertama kita atur Word dengan memilih ToolsOptions… Pada tab General, beri centang pada Confirm conversion at Open .

option

Setelah itu lakukan langkah-langkah proses mail merge seperti biasa sampai pada tahap memilih file Excel yang akan dijadikan sumber data. Setelah memilih file Excel yang dimaksudkan, akan muncul kotak konfirmasi sumber data, dan pilihlah MS Excel Worksheets via DDE (*.xls) dan klik OK.

confirm-data-source

Selanjutnya pilihlah nama range yang sudah didefinisikan pada Excel atau memilih Entire Spreadsheet.

select-name-or-range

Kita dapat melihat pada kotak Mail Merge Recipients yang muncul, data-data terformat seperti pada Excel.

mail-merge-recipients

Begitupun setelah merge field sudah disisipkan pada dokumen, datanya terformat seperti pada Excel.

dokumen2

Dengan mengubah format data pada Excel, hasilnya data yang ditampilkan pada Word akan ikut berubah. Ini dapat digunakan sebagai sarana mengupdate format data yang diinginkan.

Hal lainnya, ketika kita membuka file dokumen Word tersebut, akan muncul kotak berisi pertanyaan seperti di bawah.

information

Agar dokumen mail merge dapat berfungsi, maka kita harus memilih Yes.

Excel mengijinkan anda untuk membuat suatu lembar kerja yang banyak seperti buku besar yang dapat melakukan kalkulasi secara otomatis. Masing-masing File Excel adalah sebuah buku besar yang bisa menyimpan banyak kertas kerja. Kertas Kerja terdiri dari kolom-kolom dan baris dan terdiri dari sel-sel formula. Didalam sel inilah formula rumus matematika bisa dipakai :

Tampilan Microsoft Excel 2000/XP/2003

[screen grab]

Menambahkan dan mengganti Worksheets (Kertas Kerja)
worksheets dalam workbook (buku besar) dapat di akses dengan mengklik worksheet tabs sedikit di atas status bar. Biasanya, tiga worksheets yang ada dalam buku workbook. Untuk menyisipkan , pilih Insert|Worksheet dari menu bar. Untuk mengganti worksheet tab, klik kanan pada tab dengan mouse dan pilih Rename dari shortcut menu. Ketik nama yang baru dan tekan ENTER.

The Standard Toolbar
Tollbar dibawah ini terdapat pada layar atas yang memungkinkan anda untuk mengakses secara cepat perintah Excel.

[Standard toolbar]

New – Pilih File|New dari menu bar, tekan CTRL+N, atau klik tombol New untuk membuat workbook.

Open – Klik File|Open dari menu bar, tekan CTRL+O, atau klik tombol Open untuk membuka workbook yang telah ada

Save – Untuk pertama kali menyimpan, pilih File|Save As dan beri nama filenya.. Setelah diberi nama file klik File|Save, CTRL+S, atau tekan tombol Save pada standard toolbar.

Print – Klik tombol Print untuk mencetak worksheet.

Print Preview – Fitur ini mengijinkan anda untuk melihat worksheet sebelum di cetak .

Spell Check – Gunakan untuk mengecek ejaan kata yang salah pada worksheet.

Cut, Copy, Paste, and Format Painter – Perintah ini akan dijelaskan pada Modifying A Worksheet .

Undo and Redo – Klik tombol (<– )backward Undo untuk membatalkan langkah terakhir yang dibuat, apakah memasukkan data dalam sel, memformat sel, memasukkan fungsi, dll. Klik Redo untuk membatalkan undo

Insert Hyperlink – Untuk memasukkan hyperlink ke wes site dalam internet, ketik teks kedalam sel yang ingin di link yang bisa diklik dengan mouse. Lalu, klik tombol Insert Hyperlink dan masukkan alamat web yang ingin link dengan teks dan klik OK.

Autosum, Function Wizard, and Sorting – Fitur ini didiskusikan secara detail dalam tutorial Functions .

Zoom – Untuk mengubah ukuran workksheet yang muncul dilayar, pilih perbedaan persentase dari menu Zoom.

Menus
Tidak seperti versi Excel sebelumnya, menu dalam Excel 2000/XP/2003 pada awalnya hanya daftar perintah yang biasanya digunakan. Untuk melihat semua option pada menu, klik ganda panah pada bawah menu. Jika anda akan kembali ke versi Excel sebelumnya, Ikuti langkah berikut.

  1. Pilih View|Toolbars|Customize dari menu bar.
  2. Klik pada Options tab.
  3. Hilangkan Ceklist pada kotak Menus show recently used commands first
    [Customize toolbars dialog box]

Toolbars
Banyak toolbar dapat dilihat pada tombol shorcut. Pilih View|Toolbars dari menu bar untuk memilih toolbar lain.

Customize Toolbars
Customizing toolbars mengijinkan anda untuk menghapus sebagian tombol shortcut dari toolbar jika anda tidak ingin menggunakannya dan masukkan tombol shortcut buttons untuk memerintahkan anda menggunakan sesering mungkin.

  1. Pilih View|Toolbars|Customize dan pilihCommands tab.
    [customize toolbars dialog box]
  2. Dengan mengklik perintah dalam kotak Categories, Perintah akan mengubah kotak dikanan Commands.
  3. Pilih perintah yang anda suka untuk dimasukkan ke toolbar dengan memilihnya dari kotak Commands.
  4. Drag perintah dengan mouse ke lokasi yang diinginkan pada toolbar dan lepaskan tombol mouse. Tombol shorcut sekarang harus terlihat pada toolbar.
  5. Hilangkan tombol dari toolbar dengan kembali ke langkah tadi. Sorot tombol pada toolbar, drag keluar toobar dengan mouse, dan lepaskan tombol mouse.

Menyimpan Macro
Macros bisa mempercepat pengeditan biasa, urutan yang diinginkan dalam menjalankan spreadsheet Excel. Contohnya kita akan membuat macro yang sederhana yang akan menset semua garis tepi halaman pada satu inchi

  1. Klik Tools|Macro|Record New Macro dari menu bar.
    [Record Macro dialog box]
  2. Isikan nama Macro pada Macro name field. Nama tidak boleh pake space dan harus tidak boleh dimulai dengan angka.
  3. Jika anda akan membuat shortcut key untuk makro agar mempermudah penggunaan, masukkan huruf dibawah Shortcut key. Masukkan huruf kecil untuk membuat CTRL+nomor shortcut dan masukkan huruf besar untuk menugaskan CTRL+SHIFT+number shortcut key. Jika anda memilih tombol shorcut ketika Excel digunakan, macro anda akan tertimpah oleh fungsi tadi.
  4. Pilih option dari menu panah bawah Store macro in.
  5. Masukkan deskripsi dari macro dalam Description field. Ini untuk referensi hanya anda harus ingat yang dilakukan macro.
  6. Klik OK ketika anda siap untuk memulai recording.
  7. Pilih option dari menu tombol bawah dan Excel akan menyimpan option yang anda pilih dari kotak dialog, seperti perubahan garis tepi pada Page Setup window. Pilih File|Page Setup dan ubah semua garis tepi ke 1″. Tekan OK. Ganti langkah ini dengan perintah apapun yang ingin macro yang telah anda buat untuk dilakukan. Pilih hanya options untuk memodifikasi. Tindakan seperti View|Toolbars tidak berpengaruh pada worksheet dan tidak akan direcorded.
    [Macro toolbar]
  8. Klik tombol Stop recording toolbar. Macro sekarang disimpan.

Running A Macro

  1. Untuk menjalankan macro yang anda buat, pilih Tools|Macro|Macros dari menu bar.
  2. Dari jendela Macros, sorot Macro name dalam daftar dan klik Run.
    [Macro dialog box]
  3. Jika macro terlalu panjang dan anda ingin berhenti ketika dijalankan, Tekan BREAK (tahan CTRL dan tekan PAUSE).

Konversi “Text” ke “Number” dalam Cell Microsoft Excel dan OpenOffice.org Calc

Published Date November 2, 2006 by maseko

Text to NumberSuatu ketika mungkin kita menyalin data ke dokumen spreadsheet dimana suatu data dalam cell yang dimaksudkan sebagai bilangan (number) masuk sebagai teks (text). Kasus lainnya data-data bilangan tersebut awalnya memang diformat sebagai text dan saat ini kita menginginkannya benar-benar sebagai number. Alasannya, apabila suatu penulisan bilangan terformat sebagai teks, ketika diubah format number-nya maka tidak terjadi perubahan sesuai yang diinginkan, karena format number tersebut akan berlaku hanya jika format asalnya adalah number.

Microsoft Excel

Convert to numberDalam Microsoft Excel 2002, untuk keperluan konversi dari text ke number sudah diakomodasi dengan baik. Ketika suatu cell berisi angka-angka namun terformat sebagai text, maka pada sebelah cell tersebut muncul semacam peringatan yang ditandai dengan tanda seru (”!”), dan untuk melakukan konversi , seleksi semua cell yang dimaksud, klik pada tanda peringatan yang berada disebelahnya dan pilihlah Convert to Number.

Cara lainnya dan khususnya untuk Microsoft Excel versi sebelumnya, untuk melakukan konversi dari text ke number dapat dilakukan sebagai berikut:

  • Pilih suatu cell kosong, isi dengan angka 1 (number).
  • Copy cell tersebut (yang berisi angka satu).
  • Seleksi cell-cell yang akan dikonversi, klik kanan pilih Paste Special..
  • Pada opsi Paste Special.., pada bagian Operation, pilihlah Multiply.
  • Tekan OK untuk mengakhirinya.

OpenOffice.org Calc

Convert to number in OpenOffice.org CalcSayangnya, kedua cara di atas tidak dapat diaplikasikan di dalam OpenOffice.org. Namun, ada cara ketiga yang dapat diterapkan di Microsoft Office dan juga di OpenOffice.org calc. Sebagai contoh, dimisalkan cell-cell yang akan dikonversi berada dalam satu kolom, yaitu di kolom A. Kita membutuhkan kolom lain sebagai pembantu, misalnya kolom B. Pada cell B1, masukkan formula
=VALUE(A1)
Fungsi VALUE ini akan mengkonversi text yang berada di cell A1 menjadi number. Selanjutnya, copy-paste-kan cell B1 ke cell-cell di bawahnya (B2 dan seterusnya). Jika sudah yakin proses konversi berhasil, seleksi cell-cell di kolom B dan copy. Untuk memindahkan isinya ke kolom A, seleksi cell-cell di kolom A, klik kanan dan plih Paste Special.. Untuk pengguna Microsoft Excel, pilih opsi value pada dialog box yang muncul, sedangkan untuk pengguna OpenOffice.org Calc, buang tanda centang pada opsi Formula pada dialog box yang muncul. Karena kolom B sudah tidak diperlukan, kita dapat menghapusnya.

Moving Through Cells
Gunakan mouse untuk memilih sel yang anda mulai untuk memasukkan data dan gunakan daftar perintah keyboard pada tabel dibawah untuk perpindahan sel pada worksheet.

Movement Key stroke
One cell up up arrow key
One cell down down arrow key or ENTER
One cell left left arrow key
One cell right right arrow key or TAB
Top of the worksheet (cell A1) CTRL+HOME
End of the worksheet (last cell containing data) CTRL+END
End of the row CTRL+right arrow key
End of the column CTRL+down arrow key
Any cell File|Go To menu bar command

Memasukkan Worksheets, Rows, and Columns

  • Worksheets – Memasukkan worksheet ke workbook dengan memilih Insert|Worksheet dari menu bar.
  • Row – Untuk memasukkan baris ke worksheet, pilih Insert|Rows dari menu bar, atau sorot baris dengan mengklik pada label baris, klik kanan dengan mouse, dan pilih Insert.
  • Column – Masukkan kolom dengan memilih Insert|Columns dari menu bar, atau sorot kolom dengan mengklik dalam kolom label, klik kanan dengan mouse, dan pilih Insert.

Mengubah ukuran Baris dan Kolom
Ada dua cara untuk mengubah ukuran baris dan kolom.

  1. Resize a row dengan mendrag baris dibawah label baris yang ingin diubah ukurannya. Resize a column dengan cara yang sama drag baris ke kanan sesuai dengan label ke kolom yang ingin dirubah ukurannya.
    – OR
  2. Klik bari atau kolom label dan pilih Format|Row|Height atau Format|Column|Width dari menu bar untuk masuk nilai tinggi baris atau lebar kolom.

Memilih Sel
Sebelum sel bisa dimodifikasi atau di format, pertma harus di sorot dahulu, seperti pada tabel dibawah cara menggolongkannya.

Cells to select Mouse action
One cell click once in the cell
Entire row click the row label
Entire column click the column label
Entire worksheet click the whole sheet button
Cluster of cells drag mouse over the cells or hold down the SHIFT key while using the arrow keys

Untuk mengaktifkan suatu sel, klik ganda pada sel atau klik sekali dan tekan F2.

Memindahkan dan Mengcopy Sel

Memindahkan Cells [cut]
Untuk memotong isi sel yang akan dipindahkan ke sel lain pilih Edit|Cut dari menu bar atau klik tombol Cut pada standard toolbar.

Copying Cells [copy]
Untuk mengcopy isi sel, Pilih Edit|Copy dari menu bar atau klik tombol Copy pada standard toolbar.

Pasting Cut dan Copied Cells [paste]
Sorot sel yang ingin di paste dari cut atu copied kedalam isi dan pilih Edit|Paste dari menu bar atau klik tombol Paste pada standard toolbar.

Drag dan Drop
Jika anda ingin memindahkan isi sel hanya dalam jarak dekat, metode drag dan drop akan lebih mudah. Hanya dengan mendrag garis yang disorot pada sel yang dipilih ke tujuan sel dengan mouse.

Format Toolbar
Isi dari sel yang disorot bisa di format dalam banyak cara. Font dan sel attributes bisa dimasukkan dari tombol shortcut pada formatting bar. Jika toolbar ini tida siap ditampilkan dalam layar, pilih View|Toolbars|Formatting dari menu bar. .

[formatting toolbar]

Format Sel Kotak Dialog
Untuk melengkapi daftar format, klik kanan pada sel yang disorot dan pilih Format Cells dari shortcut menu atau pilih Format|Cells dari menu bar.

[Format Cells dialog box]

  • Number tab – Tipe data yang bisa dipilih dari options pada tab ini. Pilih General jika sel berisi teks dan angka, atau kategori penghitungan lain jika jumlah sel dimasukkan dalam fungsi formula.
  • Alignment tab – Option ini mengijinkan anda untuk mengubah posisi dan data alignment pada sel.
  • Font tab – Semua font atribut ditunjukkan dalam tab ini termasuk muka font, ukuran, style dan effect.
  • Border and Pattern tabs – Tab ini mengijinkan anda untuk memasukkan garis tepi, shading, dan warna background dalam sel.

Tanggal dan Jam
Jika anda memasukkan tanggal “January 1, 2001” ke dalam sel pada worksheet, Excel akan otomatis mengenali teks sebagai tanggal dan mengubah format ke “1-Jan-01”. Untuk mengubah format tanggal, pilih Number tab dari jendela Format Cells. Pilih “Date” dari kotak Category dan pilih format untuk tanggal dari kotak Type. Jika field adalah jam, pilih “Time” dari kotak Category dan pilih tipe pada kotak kanan. Tanggal dan waktu dikombinasikan. Tekan OK ketika selesai.

[Format Cells dialog box]

Styles
Gunakan style dalam Excel mengijinkan anda untuk mmpercepat format worksheet anda, menyediakan dan membuat tampilan kelihatan profesional. Pilih style pada kotak panah style ke bawah dari format toolbar (ini bisa dimasukkan dengan customizing the toolbar). Excel menyediakan beberapa styles :

Kotak Dialog Style
Membuat style yang diinginkan dari kotak dialog style.

  1. Sorot sel (s) yang ingin ditambahkan style
  2. Pilih Format|Style… dari menu bar.
    [Style dialog box]
  3. Modifikasi atribut dengan mengklik tombol Modify.
  4. Ceklist semua item dibawah Style includes dan ini harus menjadi sytle format.
  5. Klik Add untuk melihat perubahan format pada worksheet.
  6. Sorot style yang ingin diaplikasikan ke paragraf dan klik Apply.

Membuat New Style

  1. Pilih sel dalam worksheet yang berisi format yang ingin di set menjadi new style
  2. Klik kotak Style pada formating toolbar lalu nama style sorot.
    [Style example]
  3. Hapus teks dalam kotak Style dan ketik dana dari new style .
  4. Tekan ENTER ketika selesai.

AutoFormat
Excel memiliki banyak format tabel option. Masukkan style ini dengan mengikuti langkah berikut :

  1. Sorot sel yang akan diformat.
    [AutoFormat example]
  2. Pilih Format|AutoFormat dari menu bar.
  3. Pada kotak dialog AutoFormat, pilih format yang ingin diaplikasikan pada tabel dengan mengkliknya dengan mouse. Gunakan scrool bar untuk melihat semua format yang ada.
    [AutoFormat dialog box]
  4. Klik tombol Options… untuk memilih element yang akan diformat
  5. Klik OK ketika selesai
    [AutoFormat example]

Yang membedakan fitur spreadsheet seperti Excel adalah kemampuan untuk membuat rumus matematika formula dan melaksanakan fungsi. Fungsi lainnya, tidak hanya untuk menampilkan teks pada tabel yang luas. Halaman ini akan menunjukkan bagaimana anda membuat rumus kalkulasi.

Formulas
Formulas dimasukkan dalam worksheet sel dan harus dimulai dengan dengan tanda sama dengan. “=”. Formula lalu dimasukkan ke alamat sel yang bernilai akan di manipulasi dengan sesuai penempatan. Setelah formula diketikan ke dalam sel, kalkulasi dilaksanakan segera dan formula itu sendiri terlihat dalam formula bar. Lihat contoh dibawah untuk melihat tampilan formula untuk kalkulasi harga buku. Formula akan mengalikan dan menjumlahkan jumlah dan harga tiap buku dan memasukkannya dalam total.

[Formula example]

Linking Worksheets
Anda akan menggunakan nilai value dari sel dalam worksheet lain dalam workbook yang sama. Untuk contoh, value sel A1 dalam worksheet dan sel A2 dalam worksheet kedua bisa dimasukkan dengan menggunakan format “sheetname!celladdress”. Formula untuk contoh ini akan menjadi “=A1+Sheet2!A2” dimana value dari sel A1 dalam worksheet dimasukkan ke value pada sel A2 dalam worksheet yang diberi nama “Sheet2”.

Relative, Absolute, and Mixed Referencing
Memanggil sel hanya dengan menulis kolom dan baris label (seperti”A1″) ini disebut juga relative referencing. Ketika formula berisi relative referencing dan dicopy dari satu sel ke sel, Excel tidak membuat salinan berupa formula. Ini akan mengubah alamat sel relatif kolom dan baris yang dipindahkan. Untuk contoh , Jika masukkan formula sederhana dalam sel C1 “=(A1+B1)” disalin ke C2, formula akan berubah ke “=(A2+B2)” untuk mencerminkan baris baru. Untuk mencegah perubahan ini, sel harus diisi dengan absolute referencing dan ini akan dikerjakan dengan menempatkan tanda “$” dalam alamat sel dalam formula. Melanjutkan contoh sebelumnya, formula dalam sel C1 akan terbaca “=($A$1+$B$1)” jika value dari C2 harus merupakan penjumlahan dari sel A1 and B1. Kolom dan baris sel akan menjadi absolut dan tidak akan berubah ketika disalin. Mixed referencing bisa juga digunakan dimana hanya baris atau kolom yang tetap. Untuk contoh, dalam formula “=(A$1+$B2)”, baris sel A1 is tetap dan kolom sel B2 juga tetap

Fungsi Dasar
Fugsi bisa lebih efisien dengan operasi matematika dari pada formula. Untuk contoh, jika anda ingin memasukkan values sel D1 sampai D10, anda akan mengetikan rumus formula “=D1+D2+D3+D4+D5+D6+D7+D8+D9+D10″. Jalan pintas akan digunakan menjumlah (SUM) cara sederhana”=SUM(D1:D10)”. Beberapa fungsi lain dan contoh diberikan dalam tabel dibawah

Function Example Description
SUM =SUM(A1:100) finds the sum of cells A1 through A100
AVERAGE =AVERAGE(B1:B10) finds the average of cells B1 through B10
MAX =MAX(C1:C100) returns the highest number from cells C1 through C100
MIN =MIN(D1:D100) returns the lowest number from cells D1 through D100
SQRT =SQRT(D10) finds the square root of the value in cell D10
TODAY =TODAY() returns the current date (leave the parentheses empty)

Function Wizard [function wizard]
Tampilan semua fungsi ada dalam Function Wizard.

  1. Aktifkan sel dimana fungsi akan ditempatkan dan klik tombol Function Wizard pada standar toolbar.
  2. Dari kotak dialog Paste Function, browse sampai fungsi dengan mengklik dalam Function category menu pada sebelah kiri dan pilih fungsi dari pilihan Function name pada sebelah kanan. Masing-masing nama fungsi akan disorot dan deskripsi akan tampil dibawah dua kotak yang disediakan.
    [Paste Function window]
  3. Klik OK untuk memilih fungsi
  4. Jendela berikutnya mengijinkan anda untuk memilih sel yang akan dimasukkan ke dalam fungsi. Pada contoh dibawah, sel B4 dan C4 akan otomatis dipilih untuk fungsi penjumlahan pada Excel. Sel values {2, 3} terletak dikanan dari Number 1 field dimana alamat sel terdaftar. . Jika satuan sel lain, seperti B5 dan C5, perlu dimasukkan ke fungsi, sel itu akan ditambahkan dalam format “B5:C5” ke Number 2 field.
    [Paste Function options]
  5. Klik OK ketika semua sel untuk fungsi telah dipilih.

Autosum [autosum]
Gunakan fungsi Autosum untuk memasukkan isi dari sel yang bersebelahan.

  1. Pilih sel sum akan muncul dalam luar sel dan values akan dimasukkan. Sel C2 telah digunakan dalam contoh ini
  2. Klik tombol Autosum (Greek letter sigma) pada standard toolbar.
  3. Sorot penggolongan sel yang akan dijumlahkan (dalam hal ini sel A2 sampai B2 ).
  4. Tekan ENTER pada keyboard atau klik tand ceklist hijau pada formula bar [check mark].
    [Autosum example]

select-name-or-range

Kita dapat melihat pada kotak Mail Merge Recipients yang muncul, data-data terformat seperti pada Excel.

mail-merge-recipients

Begitupun setelah merge field sudah disisipkan pada dokumen, datanya terformat seperti pada Excel.

dokumen2

Dengan mengubah format data pada Excel, hasilnya data yang ditampilkan pada Word akan ikut berubah. Ini dapat digunakan sebagai sarana mengupdate format data yang diinginkan.

Hal lainnya, ketika kita membuka file dokumen Word tersebut, akan muncul kotak berisi pertanyaan seperti di bawah.

information

Agar dokumen mail merge dapat berfungsi, maka kita harus memilih Yes.

Microsoft Excel
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Microsoft Excel (Windows)

Spreadsheet kosong Microsoft Excel 2007 yang dijalankan di Windows Vista.
Pengembang Microsoft
Versi rilis terbaru 12.0.6014.5000 / 2007
Sistem operasi Microsoft Windows
Jenis Spreadsheet
Lisensi Proprietary EULA
Situs web http://www.microsoft.com
Microsoft Excel (Mac OS X)

Spreadsheet Microsoft Excel 2004 dijalankan di Mac OS X 10.5.
Pengembang Microsoft
Versi rilis terbaru 2004 v11.3.7 / 8 Mei, 2007
Versi pratayang terbaru 2008 v12.x
Sistem operasi Mac OS X
Lisensi Proprietary EULA
Situs web Excel 2004 untuk Mac

Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007.

[sunting] Sejarah

Pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet yang disebut dengan Multiplan, yang sangat populer dalam sistem-sistem CP/M, tapi tidak dalam sistem MS-DOS mengingat di sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel, dengan tujuan, seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder, “do everything 1-2-3 does and do it better/melakukan apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih baik lagi”.

Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0) pada November 1987. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar program spreadsheet untuk Windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis MS-DOS. Pada tahun 1988, Excel pun mulai menggeser 1-2-3 dalam pangsa pasar program spreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah satu perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi yang andal. Prestasi ini mengukuhkan Microsoft sebagai kompetitor yang sangat kuat bagi 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkannya lebih baik lagi. Microsoft, dengan menggunakan keunggulannya, rata-rata merilis versi Excel baru setiap dua tahun sekali, dan versi Excel untuk Windows terakhir adalah Microsoft Office Excel 2007 (Excel 12), sementara untuk Macintosh (Mac OS X), versi terakhirnya adalah Microsoft Excel 2004.

Pada awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi “Microsoft Excel” dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft. Meskipun demikian, dalam prakteknya, hal ini diabaikan dan bahkan Microsoft membeli Excel dari perusahaan yang sebelumnya menuntut mereka, sehingga penggunaan nama Excel saja tidak akan membawa masalah lagi. Microsoft juga sering menggunakan huruf XL sebagai singkatan untuk program tersebut, yang meskipun tidak umum lagi, ikon yang digunakan oleh program tersebut masih terdiri atas dua huruf tersebut (meski diberi beberapa gaya penulisan). Selain itu, ekstensi default dari spreadsheet yang dibuat oleh Microsoft Excel adalah *.xls.

Excel menawarkan banyak keunggulan antarmuka jika dibandingkan dengan program spreadsheet yang mendahuluinya, tapi esensinya masih sama dengan VisiCalc (perangkat lunak spreadsheet yang terkenal pertama kali): Sel disusun dalam baris dan kolom, serta mengandung data atau formula dengan berisi referensi absolut atau referensi relatif terhadap sel lainnya.

Excel merupakan program spreadsheet pertama yang mengizinkan pengguna untuk mendefinisikan bagaimana tampilan dari spreadsheet yang mereka sunting: font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel. Excel juga menawarkan penghitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas, di mana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilanya (di mana program-program spreadsheet lainnya akan menghitung ulang keseluruhan data atau menunggu perintah khusus dari pengguna). Selain itu, Excel juga menawarkan fitur pengolahan grafik yang sangat baik.

Ketika pertama kali dibundel ke dalam Microsoft Office pada tahun 1993, Microsoft pun mendesain ulang tampilan antarmuka yang digunakan oleh Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk mencocokkan dengan tampilan Microsoft Excel, yang pada waktu itu menjadi aplikasi spreadsheet yang paling disukai.

Sejak tahun 1993, Excel telah memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA), yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna (user-defined functions/UDF) untuk digunakan di dalam worksheet. Dalam versi selanjutnya, bahkan Microsoft menambahkan sebuah integrated development environment (IDE) untuk bahasa VBA untuk Excel, sehingga memudahkan programmer untuk melakukan pembuatan program buatannya. Selain itu, Excel juga dapat merekam semua yang dilakukan oleh pengguna untuk menjadi macro, sehingga mampu melakukan automatisasi beberapa tugas. VBA juga mengizinkan pembuatan form dan kontrol yang terdapat di dalam worksheet untuk dapat berkomunikasi dengan penggunanya. Bahasa VBA juga mendukung penggunaan DLL ActiveX/COM, meski tidak dapat membuatnya. Versi VBA selanjutnya menambahkan dukungan terhadap class module sehingga mengizinkan penggunan teknik pemrograman berorientasi objek dalam VBA.

Fungsi automatisasi yang disediakan oleh VBA menjadikan Excel sebagai sebuah target virus-virus macro. Ini merupakan problem yang sangat serius dalam dunia korporasi hingga para pembuat antivirus mulai menambahkan dukungan untuk mendeteksi dan membersihkan virus-virus macro dari berkas Excel. Akhirnya, meski terlambat, Microsoft juga mengintegrasikan fungsi untuk mencegah penyalahgunaan macro dengan menonaktifkan macro secara keseluruhan, atau menngaktifkan macro ketika mengaktifkan workbook, atau mempercayai macro yang dienkripsi dengan menggunakan sertifikat digital yang terpercaya.

[sunting] Versi

Tabel berikut berisi versi-versi Microsoft Excel
Tahun Versi Excel Sistem operasi Versi Microsoft Office
1985 Excel 1.0 Apple Macintosh klasik Tidak ada Microsoft Office
1987 Excel 2.0 for Windows Microsoft Windows 2.0 Tidak ada Microsoft Office
1988 Excel 1.5 Apple Macintosh klasik Tidak ada Microsoft Office
1989 Excel 2.2 Apple Macintosh klasik Tidak ada Microsoft Office
1989 Excel 2.2 IBM OS/2 Tidak ada Microsoft Office
1990 Excel 3.0 Microsoft Windows 3.0 Tidak ada Microsoft Office
1990 Excel 3.0 Apple Macintosh Tidak ada Microsoft Office
1991 Excel 3.0 IBM OS/2 Tidak ada Microsoft Office
1992 Excel 4.0 Microsoft Windows 3.0 dan Windows 3.1 Tidak ada Microsoft Office
1992 Excel 4.0 Apple Macintosh Tidak ada Microsoft Office
1993 Excel 5.0 Windows 3.0, Windows 3.1, Windows 3.11, Windows for Workgroups, dan Windows NT (hanya versi 32-bit) Microsoft Office 4.2 dan Office 4.3
1993 Excel 5.0 Apple Macintosh Tidak ada Microsoft Office
1995 Excel 7 for Windows 95 Windows 95 dan Windows NT 3.1/3.50 Microsoft Office 95
1997 Excel 97 (Excel 8) Windows 95, Windows NT 3.51/Windows NT 4.0 Microsoft Office 97
1998 Excel 8.0 Apple Macintosh Microsoft Office ’98 for Macintosh
1999 Excel 2000 (Excel 9) Windows 98, Windows Me, Windows 2000 Microsoft Office 2000
2000 Excel 9.0 Apple Macintosh Microsoft Office 2001 for Macintosh
2001 Excel 2002 (Excel 10) Windows 98, Windows Me, Windows 2000, Windows XP Microsoft Office XP
2001 Excel 10.0 Apple Macintosh OS X Microsoft Office v. X
2003 Excel 2003 (Excel 11) Windows 2000 (Service Pack 3), Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008 Microsoft Office System 2003
2004 Excel 11.0 Apple Macintosh OS X Microsoft Office 2004 for Macintosh
2007 Excel 2007 (Excel 12) Microsoft Windows XP (dengan Service Pack 2 atau lebih tinggi), Windows Server 2003 (Service Pack 1), Windows Vista, serta Windows Server 2008. Microsoft Office System 2007

[sunting] Format berkas

Dari pertama kali dirilis, Excel menggunakan format berkas biner yang disebut dengan Binary Interchange File Format (BIFF) sebagai format berkas utamanya. Hal ini berubah ketika Microsoft merilis Office System 2007 yang memperkenalkan Office Open XML sebagai format berkas utamanya. Office Open XML adalah sebuah berkas kontainer berbasis XML yang mirip dengan XML Spreadsheet (XMLSS), yang diperkenalkan pada Excel 2002. Berkas versi XML tidak dapat menyimpan macro VBA.

Meskipun mendukung format XML yang baru, Excel 2007 masih mendukung format-format lamanya yang masih berbasis BIFF yang tradisional. Selain itu, kebanyakan versi Microsoft Excel juga mendukung format Comma Separated Values (CSV), DBase File (DBF), SYmbolic LinK (SYLK), Data Interchange Format (DIF) dan banyak format lainnya, termasuk di antaranya format worksheet milik Lotus 1-2-3 (WKS, WK1, WK2, dan lain-lain) dan Quattro Pro.

Excel 2007 tidak mendukung untuk melakukan penyimpanan pada semua format tersebut. Beberapa format yang tidak dapat dibuka di Excel 2007 tapi dapat dibuka di versi sebelumnya adalah:

1. WK1 (1-2-3)
2. WK4 (1-2-3)
3. WJ3 (1-2-3 Japanese) (.wj3)
4. WKS (1-2-3)
5. WK3 (1-2-3)
6. WK1 FMT(1-2-3)
7. WJ2 (1-2-3 Japanese) (.wj2)
8. WJ3, FJ3 (1-2-3 Japanese) (.wj3)
9. DBF 2 (dBASE II)
10. WQ1 (Quattro Pro/DOS)
11. WK3,FM3(1-2-3)
12. Microsoft Excel Chart (.xlc)
13. WK1, ALL(1-2-3)
14. WJ1 (1-2-3 Japanese) (.wj1)
15. WKS (Works Japanese) (.wks)

Sedangkan beberapa format yang dapat dibuka, tapi tidak dapat disimpan di Excel 2007 antara lain:

1. Microsoft Excel 2.1 Worksheet
2. Microsoft Excel 2.1 Macro
3. Microsoft Excel 3.0 Worksheet
4. Microsoft Excel 3.0 Macro
5. Microsoft Excel 4.0 Worksheet
6. Microsoft Excel 4.0 Macro
7. Microsoft Excel 97 – Excel 2003 & 5.0/95 Workbook
8. Microsoft Excel 4.0 Workbook
9. DBF 3 (dBASE III)
10. DBF 4 (dBASE IV)

Berikut ini adalah beberapa ekstensi Microsoft Excel:

* *.xls, merupakan format default Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
* *.xlt, merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
* *.XML, atau yang disebut sebagai XML Spreadsheet. Tidak mampu menampung macro VBA.
* *.xla, merupakan format untuk Excel Add-in sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA, mengingat tujuannya adalah untuk menambahkan kemampuan Microsoft Excel.
* *.xlsx, merupakan format default worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML. Tidak dapat menyimpan macro VBA, karena alasan keamanan. Sebenarnya merupakan sebuah arsip terkompres berformat ZIP dengan struktur dokumen yang terdiri atas dokumen teks XML. Adalah pengganti dari format .xls yang kuno.
* *.xlsm, merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, tapi dapat menyimpan macro VBA.
* *.xlsb, merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, tapi dikodekan dalam bentuk biner. Format ini memiliki keunggulan lebih kepat dibuka dan lebih efisien, mengingat tujuan dibuatnya format ini adalah untuk menangani worksheet yang sangat besar yang terdiri atas puluhan ribu baris atau ratusan kolom.
* *.xltm, merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML tapi mampu menyimpan macro VBA. Merupakan pengganti dari format *.xlt.
* *.xlam, merupakan format untuk Excel Add-in untuk menambah kemampuan Excel 12. Secara default mampu menangani macro VBA, mengingat tujuannya adalah menambahkan kemampuan Excel.

PERANGKAT KERAS WIRELINE

Untuk dapat mengakses internet, ada beberapa macam perangkat keras yang dibutuhkan antara lain:

Perangkat yang penting:
Komputer (Sudah tentu :D)
Modem(Modulator Demodulator)
Saluran telpon
1. Komputer

Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengkases internet (sudah tau khan?? :D). Spesifikasi komputer yang digunakan dalam koneksi internet sangat mentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya.

Spesifikasi minimal sebuah komputer dalam akses internet anatra lain sebagi berikut:
Processor, merupakan otak dari komputer untuk menjalankan aplikasi-aplikasi dalam komputer. Processor minimal pentium III 500Mhz.
RAM (Random Access Memory) berfungsi sebagai media penyimpanan sementara. RAM minimal 64MB
Harddisk digunakan untuk media penyimpanan data secara magnetik. Harddisk minimal 10GB
VGA card, merupakan perangkat keras untuk menampilakan gambar pada layar monitor. VGA card minimal 4MB

Monitor, merupajan perangkat output untuk menampilkan proses kerja dari komputer.
2. Modem

Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah.

Secara singkatnya, modem merupakan alat untuk mengubah sinyal digital komputre menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Komputer yang melakukan koneksi dengan internet dihubungkan dengan saluran telpon melalui modem. Berdasarkan fungsinya modem dibagi menjai tiga jenis. Antara lain:

1. Modem Dial Up

Modem dial Up biasa digunakan oleh Personal Computer (PC) yang langsung dihubungkan melalui saluran telpin. Jenis modem dial up ada dua macam yaitu:

1) Modem Internet

Merupakan modem yang dipasang dalam komputer terutama pada slot ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer. Rata-rata kecepatan modem internal untuk melakukan download adalah 56 Kbps.

Adapun keuntungan penggunakan modem internal sebagi berikut.

a) Lebih hemat tempat dan harga lebih ekonomis

b) Tidak membutuhkan adaptor sehingga terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel.

Sedangkan kelemahan modem internal sebagai berikut.

a) Modem ini tidak memerlukan lampu indikator sehingga sulit untuk memantau status modem

b) Modem ini tidak menggunakan sumber tegangan sendiri sehingga membutuhkan daya dari power supply. Hal ini mengakibatkan suhu dalam kotak CPU bertambah panas.

2) Modem Eksternal

Modem eksternal merupakan modem yang letaknya diluar CPU komputer. Modem ekternal dihubungkan ke komputer melalui port com atau USB. Pemasangan modem ini adalah dengan cara menghubungkan modem ke power dan menghubungkannya lagi ke adaptor lalu disambungkan kembali ke listrik.

Keuntungan modem eksternal:

a) Portabilitas yang cukup baik sehingga bisa pindah-pindah untuk digunakan pada komputer lain

b) dilengkapi lampu indikator sehingga mudah untuk memantau status dari modem.

Kelemahan dari modem eksternal.

a) harga lebih mahal dari pada modem internal

b) membutuhkan tempat atau lokasi tersendiri untuk menaruh modem tersebut.

2. Modem Kabel

Modem Kabel (Cable Modem), adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan modem dialup atau modem ADSL, kecepatan modem kabel maksimum 27Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna) dan 2,5Mbps upstream (kecepatan upload dari pengguna). Sebelum dapat terkoneksi dengan internet, maka pengguna diharuskan untuk melakukan pendaftaran kepada penyedia jasa TV kabel dan ISP (internet Service Provider).

3. Modem ADSL (asymmetric Digital Subscriber line)

ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, yaitu bahwa data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain. Ide utama teknologi ADSL adalh untuk memecah sinyal line telpon menjadi dua bagian untuk suara dan data. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melakuakn atau meneima panggilan telpon dan melakukan koneksi internet secara simultan tanpa saling menggangu.
3. Saluran Telpon

Saluran telpon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet. Penggunaan sauran telpon ini juga diikuti dengan penggunan modem dial up. Selain saluran telpon, untuk melakukan akses internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan TV kabel. Untuk bisa mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang dipakai adalah modem kabel.
PERANGKAT KERAS PENDUKUNG AKSES INTERNET

Selain ketiga perangkat utama di atas (computer, modem, saluran telpon) terdapat juga beberapa perangkat keras pendukung akses internet. Antara lain:
1. Hub/Switch

Hub merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menggabungkan beberapa computer. Hub menjadi saluran koneksi sentral untuk semua computer dalam jaringan. Hub dibedakan menjadi dua yaitu, active hub merupkan sebuah repeater elektrik yang dilenggkapi dengan 8 konektor yang berfungsi untuk membentuk sinyal digital yang dikirim dan menyesuaikan impedensinya untuk memelihara data sepanjang jalur yang dilaluinya, yang kedua adalah passive hub merupakan sebuah repeater elektrik yang memiliki 4 konektor yang berfungsi untuk menerima sinyal pada salah satu konektor dan meneruskannya pada tiga konektor lain.
2. Repeater

Repeater merupakan perangkat yang digunakan untuk menerima sinyal dan memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli, singkatnya repeater berfungsi untuk menguatkan sinyal agar sinyal dikirim sama dengan sinyal aslinya.
3. Brige

Berige merupakan perangkat lunak menghubungkan dua buah jaringan secara fisik yang menggunakan protocol sama/sejenis. Dengan bridge sebuah paket data mampu dikirim dari satu LAN ke LAN lain.
4. Router

Router merupakan perangkat yang berfungsi hamper sama dengan bridge. Namun perangkat ini punya keunggulan selain untuk menghubungkan dua buah LAN dengan tipe sama, router juga bisa untuk menghubungkjan dua buah LAN dengan tipe berbeda.

Hardware Untuk Koneksi Wireless (Wi-Fi)

Komunikasi data menjadi sangat penting dalam kehidupan manusia saat ini. Kebutuhan akan adanya internet nirkabel, menuntut orang untuk meng-update periperal komputernya. Berikut adalah beberapa contoh alat-alat yang digunakan utk koneksi nirkabel (wireless)

Dibawah ini adalah contoh dari perangkat dan jenis untuk perlengkapan WIfi (Wireless Network)

Hardware Access Point + plus

Perangkat dibawah ini adalah perangkat standard yang digunakan untuk access point. Access Point dapat berupa perangkat access point saja atau dengan dual fungsi sebagai internal router. Bahkan pada model terbaru sudah ditambahkan teknologi Super G dengan kemampuan double transmisi, smart DHCP bagi client network dan hardware standard monitor serta Firewall dan sebagainya.

Alat Access point dapat dipasangkan pada sebuah hub, cable modem atau alat lainnya untuk menghubungkan computer dengan WIFI kedalam sebuah network lain.

PCMCIA Adapter

Alat ini dapat ditambahkan pada notebook dengan pada PCMCIA slot. Model PCMCIA juga tersedia dengan tipe G atau double transmit..

USB Wireless Adaptor

Termasuk perangkat baru dan praktis pada teknologi WIFI. Alat ini mengambil power 5V dari USB port. Untuk kemudahan USB WIFI adapter dengan fleksibel ditempatkan bagi notebook dan PC. Tetapi pada perangkat USB WIFI Adapter memiliki batasan. Sebaiknya mengunakan USB port 2.0 karena kemampuan sistem WIFI mampu mencapai data rate 54Mbps. Bila anda memerlukan kepraktisan, penambahan perangkat Wireless USB adaptor adalah pilihan yang tepat, karena bentuknya yang praktis dan dapat dilepas. Tetapi perlu diingatkan bahwa dengan supply power kecil dari USB port alat juga memilki jangkauan lebih rendah, selain bentuk antenna yang ditanam didalam cover plastik akan menghambat daya pancar dan penerimaan pada jenis perangak ini.

USB Add-on PCI slot

Perangkat ini umumnya diberikan bersama paket mainboard untuk melengkapi perangkat WIFI pada sebuah computer. Sama kemampuannya dengan PCI card wireless network tetapi mengunakan jack USB internal pada mainboard termasuk pemakaian power diambil dari cable tersebut. Perangkat pada gambar dibawah ini juga dapat diaktifkan sebagai Access Point melalui software driver. Kekuatan alat ini terletak pada antenna, dan memiliki jangkauan sama seperti PCI Wireless adaptor.

Mini PCI bus adapter

Perangkat miniPCI bus untuk WIFI notebook berbentuk card yang ditanamkan didalam case notebook. Berbeda dengan card yang digunakan pada computer dengan PCI interface. PCImini bus adalah slot PCI yang disediakan pada notebook dan pemakai dapat menambahkan perangkat seperti WIFI adaptor didalam sebuah notebook. Umumnya perangkat hardware dengan miniPCI bus tidak dijual secara umum, tetapi model terbaru seperti pada Gigabyte GN-WIAG01 dengan kemampuan WIFI Super G sudah dijual bebas untuk upgrade Wireless adaptor bagi sebuah notebook.

Perangkat mini PCI untuk wireless nantinya diberikan 2 buah socket antena dan terhubung dengan antena di sisi layar sebuah notebook. Untuk keterangan dimana perangkat ini dipasang, dapat dilihat pada gambar menginstall Mini PCI bus.

Install Mini PCI bus Wireless Adaptor – Click picture for detail
Adalah contoh sebuah notebook dengan interface PCIbus yang masih kosong. Bila sebuah notebook sudah mendukung teknologi WIFI, biasanya sudah disediakan 2 kabel antenna yang menghubungkan PCIbus card ke external antenna. Adalah penempatan jack antenna untuk PCImini card WIFI

PCI card wireless network

PCIcard Wireless network dapat juga berupa sebuah card WIFI yang ditancapkan pada slot computer atau dengan mengambil power dari USB tetapi dipasangkan pada PCI slot. Perangkat Wireless network dapat juga diaktifkan menjadi Access point. Perangkat jenis PCI card dipasangkan permanen pada sebuah desktop PC.

ISP

Posted on: October 18, 2008

ISPPengertianISP (Internet Service Provider) adalah perusahaan atau badan usaha yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan. ISP awalnya sangat identik dengan jaringan telepon, karena dulu ISP menjual koneksi atau access internet melalui jaringan telepon. Seperti salah satunya adalah telkomnet instant dari Telkom. Sekarang, dengan perkembangan teknologi ISP itu berkembang tidak hanya dengan menggunakan jaringan telepon tapi juga menggunakan teknologi seperti fiber optic dan wireless. Di Bali, Denpasar pada khususnya ISP dengan teknologi wireless paling banyak tumbuh. Karena teknologi ini “paling murah”. Tidak perlu membangun jaringan kabel, mudah dipindahkan, tidak ada biaya ijin dan lain-lain. ISP terkoneksi satu sama lain dalam Internet Exchange, interkoneksi. Sebagian besar ISP memerlukan upstream. Upstream itu adalah istilah dari penyedia koneksi dari ISP tersebut. Jadi ISP juga berlangganan dengan ISP yang lain. ISP yang tidak memiliki upstream disebut Tier1, tier1 hanya memiliki pelanggan dan interkoneksi, Channel-11 akan menjadi Tier1 pada saat mati. Hanya ada 9 ISP yang tergolong Tier 1 di dunia ini, yaitu : · AT&T (AS7018) · Global Crossing (GX) (AS3549) · Level 3 (AS3356) · Verizon Business (formerly UUNET ) (AS701) · NTT Communications / (formerly Verio ) (AS2914) · Qwest (AS209) · SAVVIS (AS3561) · Sprint Nextel Corporation (AS1239) List Tier 2 ISP yang paling berpengaruh di dunia : · PCCW Global (formerly Beyond the Network Access (BTN)) AS3491 (Buys transit from Savvis AS3561) · Cogent Communications AS174 (buys transit from Verio, AS2914) · France Télécom AS5511 (buys transit from Sprint, AS1239) · Tiscali International AS3257 (buys transit from Sprint, AS1239) · Telecom Italia Sparkle (Seabone) AS6762 (buys transit from Verizon Business, AS701 and Sprint, AS1239) · XO Communications AS2828 (buys transit from Sprint, AS1239) · nLayer AS4436 (buys from GBLX /AS3549 and SAVVIS /AS3561) Tipe Layanan pada ISP1. Dial on demand Internet Dial on demand ini adalah layanan internet dimana pelanggan tidak terkoneksi secara terus menerus ke internet. Pelanggan akan dibebani biaya berdasarkan lamanya mereka terkoneksi ke internet. Contoh layanan internet dial on demand adalah : Telkomnet instant dari Telkom, layanan-layanan dial up dari ISP yang lain, juga beberapa layanan dari ISP wireless local.2. Dedicated Internet Pelanggan yang menggunakan dedicated internet akan terhubung terus dengan internet 24/7. Sistem pembayaran dari layanan ini juga biasanya dilakukan per bulan dimana pelanggan akan membayar sesuai dengan paket yang ditawarkan, baik selama sebulan tersebut pengguna memang benar menggunakan internet 24 jam penuh atau tidak. Sistem dedicated ini biasanya mahal, dan biasanya untuk menekan biaya langganan, ISP memberikan beberapa metode untuk menekan harga misalnya dengan membatasi jumlah data yang boleh didownload dan diupload oleh pelanggan selama 1 bulan. Jumlah batasan data ini biasanya disebut dengan quota.Contoh layanan internet dedicated internet adalah layanan-layanan dari Channel 11, ERA AKSES, Speedy dari Telkom dan layanan-layanan dari ISP wireless local.Jenis koneksi ISPAda beberapa media yang digunakan oleh ISP dalam memberikan layanan ke konsumen, diantaranya kabel (modem, dsl modem), wireless (standar 802.11a, 802.11b, 802.11g), Satelit (satu arah dan dua arah) dan Fiber Optic (FO). Dari masing-masing media yang ditawarkan terdapat kekurangan dan kelebihan masing-masing. Media kabel yang digunakan saat ini umumnya adalah DSL (Digital Subscribe Line). Kecepatan yang ditawarkan bermacam-macam mulai dai 56 kbps sampai 2mbps walaupun sebenarnya DSL bisa dikembangkan sampai 8mbps. Tetapi penggunaan kabel yang sudah ada ini harus memperhatikan beberapa hal yang berhubungan dengan sinyal data. Seperti atenuasi, crosstalk, dan derau (noise). Atenuasi adalah melemahnya sinyal yang diakibatkan oleh adanya jarak yang semakin jauh yang harus ditempuh oleh suatu sinyal dan juga oleh karena makin tingginya frekuensi sinyal tersebut. Karena faktor jarak dan frekuensi ini maka jarak terjauh yang masih mungkin adalah sekitar 5,5 km dengan bandwith sekitar 1 MHz. Crosstalk akan mungkin dtimbulkan oleh adanya pasangan kabel telepon yang digunakan. Gangguan ini bisa timbul karena sinyal dengan kecepatan yang sama dari masing-masing kabel bisa saling mempengaruhi, bila gangguan ini lebih tinggi dibandingkan dengan sinyal data maka akan timbul banyak error yang memperlambat kecepatan aliran data. Untuk menghindari efek crosstalk dapat dibuat untuk setiap kabel satu arah, sehingga sinyal pada masing-masing kabel tidak saling memepengaruhi. Media wireless menawarkan beberapa kecepatan yang masing-masing tergantung dari standar yang digunakan, tapi secara umum, media wireless mempunyai kelemahan dan keunggulan sebagai berikut: · Keunggulannya adalah biaya pemeliharannya murah (hanya mencakup stasiun sel bukan seperti pada jaringan kabel yang mencakup keseluruhan kabel), infrastrukturnya berdimensi kecil, pembangunannya cepat, mudah dikembangkan (misalnya dengan konsep mikrosel dan teknik frequency reuse), mudah & murah untuk direlokasi dan mendukung portabelitas. · Kelemahannya adalah biaya peralatan mahal (kelemahan ini dapat dihilangkan dengan mengembangkan dan memproduksi teknologi komponen elektronika sehingga dapat menekan biaya jaringan), delay yang besar, adanya masalah propagasi radio seperti terhalang, terpantul dan banyak sumber interferensi (kelemahan ini dapat diatasi dengan teknik modulasi, teknik antena diversity, teknik spread spectrum dll), kapasitas jaringan menghadapi keterbatas spektrum (pita frekuensi tidak dapat diperlebar tetapi dapat dimanfaatkan dengan efisien dengan bantuan bermacam-macam teknik seperti spread spectrum/DS-CDMA) dan keamanan data (kerahasian) kurang terjamin (kelemahan ini dapat diatasi misalnya dengan teknik spread spectrum) [1,7 dan 9]. VSAT (Very Small Aperture Terminal) adalah pilihan bagi mereka yang berada di tempat terpencil dan membutuhkan koneksi Internet dimana tidak ada infrastruktur lain seperti leased line, ADSL, ISDN, bahkan tidak juga telepon. VSAT berbentuk seperti piringan yang berukuran besar dan menghadap ke langit. Dengan peralatan ini maka sinyal digital diterima dan dikirimkan ke satelit. Satelit berfungsi sebagai penerus sinyal untuk dikirimkan ke titik lainnya di atas bumi. Pendapat umum mengatakan bahwa koneksi dengan satelit adalah koneksi yang paling cepat. Kenyataanya adalah tidak. Waktu yang dibutuhkan dari satu titik di atas bumi ke titik lainnya melalui satelit adalah sekitar 700 milisecond, sementara leased line hanya butuh waktu sekitar 40 milisecond. Hal ini disebabkan oleh jarak yang harus ditempuh oleh data yaitu dari bumi ke satelit dan kembali ke bumi. Satelit geostasioner sendiri berketinggian sekitar 36.000 kilometer di atas permukaan bumi.· Keunggulan VSAT: 1. Pemasangannya cepat. 2. Tersedia di seluruh wilayah Indonesia. · Kekurangan VSAT: 1. Koneksinya relatif lambat. 2. Memakan tempat, terutama untuk piringannya.Dalam menentukan ISP yang akan digunakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu :

  1. Backbone koneksi yang dimiliki. Ini menentukan kapasitas terpasang yang bisa disediakan untuk lalulintas data. Semakin besar backbone yang dimiliki semakin baik. Biasanya dinyatakan dalam ukuran Mbps.
  2. Kecepatan dan jenis modem yang bisa dilayani. Terutama perlu dipastikan layanan di daerah mana kita akan melakukan koneksi, karena meskipun kita menggunakan ISP yang sama seringkali layanan yang diberikan berbeda, tergantung pada daerahnya.
  3. Lokasi akses point terdekat. Hal ini terutama berlaku untuk kotakota besar seperti Jabotabek dan Surabaya, dimana meskipun satu kode wilayah, tetapi biaya pulsa telepon bisa berbeda.
  4. Lokasi akses point lain disekitar tempat tinggal kita.I

DNS

Posted on: October 18, 2008

Mengakali resolver DNS ISP yanglambat

Kadang-kadang, beberapa ISP tertentu dan pada waktu tertentu menyetting resolver DNS-nya dengan caching yang agresif, sehingga walaupun seharusnya sebuah domain sudah harus refresh, namun di resolver DNS ISP masih mengarah ke data lama (mis: IP lama, webhosting lama, NS lama). Padahal, menurut setting TTL di authoritative domain tersebut, seharusnya lewat selang waktu tertentu data DNS sudah harus direfresh.

ISP melakukan hal ini untuk tujuan penghematan bandwidth (mengurangi trafik refresh DNS lookup). Tapi efek sampingnya adalah proses seperti transfer domain, migrasi server hosting, pindah webhosting, dsb jadi lebih lama selesainya, karena komputer kita masih menggunakan data alamat IP lama dari data DNS lama yang belum direfresh.

Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa tindakan sementara yang bisa dilakukan. Urutan alternatif dari yang paling pertama dianjurkan:

  • beralih dari menggunakan resolver ISP menjadi resolver OpenDNS. OpenDNS adalah resolver DNS yang gratis/bebas digunakan oleh siapa saja. Lihat http://www.opendns.org untuk alamatnya.
  • beralih dari menggunakan resolver ISP menjadi DNS1.MASTERWEB.NET atau DNS2.MASTERWEB.NET atau DNS3.MASTERWEB.NET atau DNS4.MASTERWEB.NET. Untuk mengetahui alamat IP host tersebut, dapat denga melakukan perintah ping atau host ke host tersebut. Catatan: Alamat-alamat tersebut adalah DNS MWN, yang akan menjawab domain-domain yang berada/dihosting di MWN, tapi tidak menjawab domain-domain lain (mis: yahoo.com, atau google.com) sehingga untuk sementara Anda tidak dapat browsing keluar, hanya bisa ke website-website yang dihost di MWN.
  • menjalankan resolver sendiri, misalnya: bind atau dnscache di Unix. Ini membutuhkan sedikit pengetahuan teknis tentang software daemon ybs dan tentang teknik DNS.
  • menambahkan sementara IP yang baru ke /etc/hosts. Lihat caranya di bawah.

Catatan: Semua cara ini adalah sementara saja. Setelah Anda selesai melakukan testing, silakan kembalikan ke setting semula/normalnya.

Contents

if (window.showTocToggle) { var tocShowText = “show”; var tocHideText = “hide”; showTocToggle(); }

Cara mengubah setting resolver DNS

  • Di Linux (console)

Editlah file /etc/resolv.conf dan update semua baris:

nameserver x.x.x.x

menjadi alamat IP dari resolver yang digunakan.

  • Di Linux (GUI, Gnome)

XXX

  • Di Linux (GUI, KDE)

XXX

  • Di Windows XP

XXX

Control Panel > Network > TCP/IP Settings > …

  • Di Windows Vista

XXX

Cara mengubah file hosts

  • Di Linux

Editlah file /etc/hosts. Di dalamnya, sintaks untuk tiap baris adalah:

1.2.3.4 nama.full.host
  • Di Windows XP

Editlah file C:\Windows\System32\Drivers\Etc\Hosts

Troubleshooting

  • Ada kalanya (tapi jarang?) mengganti resolver tidak bisa/gagal, karena ISP memblokirnya. Dengan kata lain, kita hanya diizinkan menggunakan resolver dari ISP dan tidak bisa menjalankan resolver sendiri atau menggunakan resolver lain. Dengan demikian, cara yang bisa ditempuh adalah dengan cara mengubah /etc/hosts.

  • None
  • No comments yet

Categories